Langsung ke konten utama

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Selain blog, salah satu platform digital yang dapat digunakan untuk mencari peruntungan pundi-pundi penghasilan adalah YouTube. Awalnya YouTube tidak banyak dilirik orang untuk mendapatkan penghasilan dan kehadiran YouTube masih bisa dibilang kalah saing dengan blog sebagai media baca tulis.

Namun seiring berjalannya waktu dengan semakin banyaknya orang yang suka sesuatu yang berbau video, maka kehadiran YouTube semakin populer. Terlebih dengan bisa dimanfaatkannya YouTube untuk mendapatkan penghasilan ketika dioptimasi menjadi kehadirannya bersaing ketat dengan blog.

Baca juga: website jual akun youtube indonesia.

Lantas bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube? Khususnya bagi pemula yang ingin tahu cara mendapatkan uang dari YouTube, berikut ulasan informasi lengkapnya untuk Anda!

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Cara mendapatkan uang dari YouTube tentunya adalah dengan membangun channel YouTube yang potensial. Jadi pertama-tama Anda harus buat suatu channel YouTube dulu. Selanjutnya Anda optimasi channel YouTube tersebut agar bisa dimonetize sehingga Anda bisa mendapatkan penghasilan dari Youtube.

Lantas, apa saja sebenarnya syarat-syarat agar suatu channel YouTube yang dibangun bisa dimonetize? Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar suatu channel YouTube dapat dimonetize, diantaranya :

1. Sudah Terverifikasi

Syarat pertama agar channel YouTube Anda bisa dimonetisasi adalah akun channel YouTube Anda harus terverifikasi dengan nomor ponsel dan Anda juga telah melakukan berbagai macam pengaturan sesuai dengan standar channel supaya bisa mengaktifkan berbagai macam fitur didalam channel YouTube Anda.

2. Sudah Memenuhi Syarat 4000 Jam Tonton

Syarat  kedua yang harus dipenuhi juga adalah syarat minimal jam tonton. Jadi, suatu channel YouTube harus telah mengumpulkan sebanyak 4000 jam tonton dari total video yang ada selama kurun waktu 12 bulan terakhir. Hal tersebut merupakan suatu keharusan.

Untuk syarat kedua ini sebenarnya lebih mudah dicapai jika dibandingkan dengan syarat sebelumnya yang lebih berat yaitu mengharuskan suatu channel YouTube bisa mendapatkan sebanyak 10.000 kali penayangan.

Cara ini bisa Anda capai dengan berbagai macam cara. Bahkan cara organik atau memanfaatkan YouTube ads untuk lebih memudahkan penonton menemukan video yang Anda buat, juga bisa diterapkan.

Jika Anda memanfaatkan YouTube Ads untuk menjangkau pengunjung, Anda bisa meraih syarat kedua ini dengan waktu yang jauh lebih singkat. Akan tetapi memang Anda harus sedikit mengeluarkan biaya untuk memanfaatkannya dimana biaya yang Anda harus keluarkan, budgetnya dapat disesuaikan dengan kemampuan Anda.

3. Mencapai 1000 Subscriber

Syarat yang selanjutnya ini termasuk syarat yang berat utamanya bagi suatu channel baru karena tentu syarat ini harus ditempuh dengan jalan yang lumayan panjang. Tentu saja suatu channel baru akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan subscriber kalau tidak ada video yang naik dan banyak mendapatkan penonton.

Bahkan kasus yang selama ini banyak terjadi, sudah banyak viewers dalam video yang ada namun tetap saja subscriber tidak seimbang dengan jumlah penontonnya. Karena memang untuk mengumpulkan subscriber kita harus memenuhi syarat penonton agar mereka setia dan mau berlangganan channel kita.

Nah, itulah bagian yang sangat sulit sebenarnya karena tidak semua yang dilakukan bisa memenuhi syarat pengunjung karena pengunjung yang satu dengan yang lain punya kriteria keinginan dan harapan yang masing-masing memiliki perbedaan.

Nah, jika Anda sudah memenuhi syarat tersebut, Anda bisa segera mendaftarkan channel YouTube Anda dalam program adsense Google. Namun sebenarnya dengan memiliki channel YouTube, selain Anda bisa memonetisasi channel YouTube dengan adsense, Anda juga bisa mendapatkan uang dari sumber yang lainnya.

Berikut cara mendapatkan uang dari Youtube dengan sumber selain adsense yang bisa Anda coba, diantaranya :

a. Buatlah Video yang Banyak Orang Suka

Agar Anda bisa mendapatkan jumlah pengunjung dan subscriber yang berimbang, PR Anda adalah membuat video yang banyak orang suka. Anda bisa membuat video tentang berbagai macam hal trending yang sekarang ini sedang marak dibicarakan di sosial media atau membuat beberapa tipe video yang paling menghasilkan.

b. Lakukan Optimasi pada Video YouTube Anda

Ada banyak langkah yang Anda bisa lakukan untuk mengoptimasi video YouTube Anda. Beberapa langkah tersebut diantaranya :

  • Membuat serta menayangkan video yang merupakan suatu hasil karya yang orisinil.
  • Buat judul serta thumbnail yang menarik perhatian penonton pada video baik pada timeline YouTube atau pada video yang direkomendasikan.
  • Teknik SEO untuk melakukan optimasi pada video sangat diperlukan. Teknik SEO yang perlu dilakukan diantaranya yaitu pada bagian deskripsi, judul, meta tag dan bagian yang lainnya.
  • Jangan Anda gunakan konten yang memiliki copyright atau hak cipta. Anda bisa memanfaatkan berbagai stock video gratis atau lagu latar dengan label no copyright music pada video Anda.
  • Pahami Terms of Service dan juga Community Guidelines yang dibuat oleh pihak YouTube.

c. Ikut Program Affiliate Marketing

Anda bisa melakukan affiliate marketing dengan cara memberikan tautan pembelian produk dari e-commerce tertentu yang sudah terhubung dengan akun milik Anda sebelumnya. Disini Anda dapat bekerja sama dengan sejumlah e-commerce yang membuka suatu layanan afiliasi seperti halnya Banggood atau Gearbest sampai dengan Blibli, Lazada dan atau bahkan Shopee.

Tautan ini selanjutnya bisa Anda letakkan pada bagian deskripsi video dan Anda bisa memancing penonton untuk membukanya dengan memberikan deskripsi video yang menarik dan menyenangkan.

Tentu saja cara ini sangat efektif untuk Anda yang memiliki konten video tentang unboxing dan review gadget serta barang yang lain seperti PC, smartphone sampai dengan berbagai macam produk elektronik lainnya.

d. Melakukan Jalinan Kerjasama Sponsorship

Selanjutnya Anda juga bisa menerapkan cara mendapatkan uang dari YouTube dengan menjalin kerja sama sponsorship. Melalui cara ini Anda bisa mendapat barang yang bisa dijadikan sebagai bahan konten video dan pemberi sponsor sendiri bisa mendapatkan keuntungan yaitu memiliki kesempatan mempromosikan barang mereka di channel Anda. 

Hanya saja yang disayangkan, tidak mudah mendapatkan kerjasama sponsorship. Anda harus memiliki kemampuan negosiasi dulu agar bisa lebih meyakinkan sponsor meletakkan iklannya di channel Anda.

e. Jadilah YouTuber yang Kreatif

Sebagai seorang YouTuber, Anda harus memiliki pemikiran yang kreatif dan out of the box dalam merencanakan berbagai macam konten video apa yang Anda akan tayangkan selanjutnya. Karena bukan tidak mungkin penonton setia channel YouTube Anda lama kelamaan juga akan merasa bosan dengan konten yang rutin Anda tayangkan.

Untuk itu inovasi demi inovasi itu sangat penting. Disini Anda dapat melakukan berbagai macam langkah yang sangat mudah seperti mengubah gaya pembawaan, membuat suatu segmen lain atau bisa berkolaborasi dengan YouTuber lain yang Anda kenal.

f. Menjual Berbagai Macam Merchandise

Iklan Adsense tidak akan memberikan sebanyak 100% pendapatan Anda yang sesungguhnya. Disinilah Anda bisa memanfaatkan basis penggemar yang Anda miliki untuk membeli merchandise yang Anda tawarkan.

Berbagai merchandise bisa Anda tawarkan mulai dari kaos, hoodie, topi dan juga berbagai pernak-pernik yang lainnya.

Itulah berbagai macam cara yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan uang dari Youtube melalui adsense atau selain adsense. Semoga informasi tentang cara mendapatkan uang dari Youtube yang kami sampaikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat untuk Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Transfer Pulsa By U ke Operator Lain untuk Pemula

Cara transfer pulsa By U ke operator lain bisa sobat KIRSALTS lakukan dengan mudah. Anda bisa membagikan pulsa yang dimiliki pada nomor lain, ke sesama nomor By U, ataupun ke nomor operator lain. Anda juga bisa membagikan pulsa By U yang dimiliki seperti pulsa utama, jadi pulsa By U bisa dijual. Anda dapat mengirim pulsa layaknya seorang operator, bisa hanya membagikan, atau untuk keperluan lain misalnya, menjual pada orang lain. Selain mengirim pulsa pada sesam provider By U, Anda juga bisa mengirim pulsa By U ke operator lain, seperti transfer pulsa By U ke indosat, telkomsel, xl, axis, tri, dan juga nomer By U lainnya. Agar dapat mengirim pulsa, Anda hanya membutuhkan saldo pulsa yang cukup atau diatas minimal batas pengiriman. Baca Juga :  Cara Mengubah Penyimpanan Internal ke Kartu SD HP OPPO Cara Transfer Pulsa By U ke Telkomsel Bagi sobat KIRSALTS yang ingin mengirim pulsa dari operator By U ke telkomsel, bisa dengan mengubah metode pembayarannya saja ketika pulsa akan dibeli. B

Aplikasi Pembuat Logo Mobile Legend Terbaik dan Terbaru

Untuk membuat logo squad mobile legend, kamu bisa menggunakan beberapa  aplikasi pembuat logo mobile legend terbaik dan terbaru.  Sebagai salah satu game terpopuler, Mobile Legend memiliki banyak pengguna. Game ini bisa dimainkan oleh berbagai kalangan, mula dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Jika kamu salah satu pemain Mobile Legend dan memiliki squad, disarankan untuk membuat logo. Alasannya karena logo memiliki peran yang sangat penting dalam melakukan branding dan ikut suatu kompetisi. Pembuatan logo bisa dilakukan dengan mudah karena menggunakan aplikasi. Berikut rekomendasi aplikasi pembuat logo Mobile Legend terbaik dan terbaru. Rekomendasi 5 Aplikasi Pembuat Logo Mobile Legend Terbaik dan Terbaru 1. Logo Esport Maker Logo Mobile Legend bisa dibuat dengan menggunakan Android dan menggunakan aplikasi yang bernama Logo Esport Maker. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang paling populer dan banyak digunakan. Aplikasi pembuat logo ML ini memiliki lebih dari 30 tekstur dan lay

KIRSALTS, Website Tekno dan Game Terbaru di Indonesia

Apa itu KIRSALTS? KIRSALTS adalah website tekno yang berisi kumpulan artikel teknologi dan game terbaru. Mulai dari tutorial cara main game online maupun offline, semuanya ada disini. Tips dan trik gadget maupun aplikasi terbaru juga ada di KIRSALTS.COM.