Langsung ke konten utama

Apakah TWRP sama dengan Root?

Apakah TWRP sama dengan Root?

Banyak orang bertanya-tanya, apakah TWRP itu sama dengan root? Padahal keduanya itu berbeda. Root sendiri adalah suatu proses untuk memberikan izin kepada pengguna ponsel smartphone, tablet atau perangkat Android lainnya agar bisa mendapatkan akses penuh di berbagai subsistem di dalamnya.

Sementara TWRP merupakan software open source yang berguna untuk memasang ROM pihak ketiga. Buat Kamu yang masih bingung dengan TWRP dan root, bisa menyimak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Apa Itu TWRP?

Apa Itu TWRP?

TWRP merupakan singkatan dari Team Win Recovery Project. TWRP adalah software open source yang digunakan untuk memasang ROM pihak ketiga atau berguna untuk melakukan backup/restore ROM smartphone.

TWRP merupakan tool boot Android yang bisa berjalan ketika HP Android dalam mode boot (kondisi pada saat HP dihidupkan sebelum masuk ke tampilan utama). Tool ini apabila dijalankan hanya menampilkan menu-menu sederhana dengan background gelap. Biasanya tool ini dibuuthkan untuk keperluan recovery HP android.

Untuk beberapa HP Android, TWRP sudah disediakan oleh system android itu sendiri. Namun, ada beberapa versi HP Android yang belum dilengkapi TWRP.

Apa Itu Root?

Apa Itu Root

Root atau rooting adalah sebuah proses untuk membuka semua akses system pada Android agar pengguna bisa mengelola perangkat dengan sepenuhnya di berbafai subsistem di dalamnya. Dengan mendapatkan akses penuh maka pengguna akan mendapatkan banyak keuntungan dari root tersebut.

Keuntungan yang didapatkan adalah bisa emmasang aplikasi di kartu memero, menggunakan custom ROM, memasang aplikasi yang membutugkan akses riit dan mendapatkan akses ke berkas system Android untuk keperluan tertentu.

Jika kamu berniat untuk melakukan root atau flashing untuk mengganti ROM MIUI ke custom ROM, maka terlebih dahulu harus memasang TWRP. Memasang TWRP merupakan salah satu proses root yang harus dilakukan. Tanpa memasangnya maka root sulit dilakukan.

Nah itulah jawaban dari pertanyaan apakah TWRP sama dengan root? Dari penjelasan diatas, TWRP dan root itu sangat berbeda. Meski begitu, untuk melakukan root pada Android dibutuhkan TWRP. Jadi keduanya berhubungan erat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Transfer Pulsa By U ke Operator Lain untuk Pemula

Cara transfer pulsa By U ke operator lain bisa sobat KIRSALTS lakukan dengan mudah. Anda bisa membagikan pulsa yang dimiliki pada nomor lain, ke sesama nomor By U, ataupun ke nomor operator lain. Anda juga bisa membagikan pulsa By U yang dimiliki seperti pulsa utama, jadi pulsa By U bisa dijual. Anda dapat mengirim pulsa layaknya seorang operator, bisa hanya membagikan, atau untuk keperluan lain misalnya, menjual pada orang lain. Selain mengirim pulsa pada sesam provider By U, Anda juga bisa mengirim pulsa By U ke operator lain, seperti transfer pulsa By U ke indosat, telkomsel, xl, axis, tri, dan juga nomer By U lainnya. Agar dapat mengirim pulsa, Anda hanya membutuhkan saldo pulsa yang cukup atau diatas minimal batas pengiriman. Baca Juga :  Cara Mengubah Penyimpanan Internal ke Kartu SD HP OPPO Cara Transfer Pulsa By U ke Telkomsel Bagi sobat KIRSALTS yang ingin mengirim pulsa dari operator By U ke telkomsel, bisa dengan mengubah metode pembayarannya saja ketika pulsa akan dibeli. B

Aplikasi Pembuat Logo Mobile Legend Terbaik dan Terbaru

Untuk membuat logo squad mobile legend, kamu bisa menggunakan beberapa  aplikasi pembuat logo mobile legend terbaik dan terbaru.  Sebagai salah satu game terpopuler, Mobile Legend memiliki banyak pengguna. Game ini bisa dimainkan oleh berbagai kalangan, mula dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Jika kamu salah satu pemain Mobile Legend dan memiliki squad, disarankan untuk membuat logo. Alasannya karena logo memiliki peran yang sangat penting dalam melakukan branding dan ikut suatu kompetisi. Pembuatan logo bisa dilakukan dengan mudah karena menggunakan aplikasi. Berikut rekomendasi aplikasi pembuat logo Mobile Legend terbaik dan terbaru. Rekomendasi 5 Aplikasi Pembuat Logo Mobile Legend Terbaik dan Terbaru 1. Logo Esport Maker Logo Mobile Legend bisa dibuat dengan menggunakan Android dan menggunakan aplikasi yang bernama Logo Esport Maker. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang paling populer dan banyak digunakan. Aplikasi pembuat logo ML ini memiliki lebih dari 30 tekstur dan lay

KIRSALTS, Website Tekno dan Game Terbaru di Indonesia

Apa itu KIRSALTS? KIRSALTS adalah website tekno yang berisi kumpulan artikel teknologi dan game terbaru. Mulai dari tutorial cara main game online maupun offline, semuanya ada disini. Tips dan trik gadget maupun aplikasi terbaru juga ada di KIRSALTS.COM.