Langsung ke konten utama

Cara Membuat Server Discord dari Awal Sampai Berhasil

Cara Membuat Server Discord dari Awal Sampai Berhasil

Teruntuk sobat KIRSALTS, penting mengetahui cara membuat server discord. Discord menjadi media komunikasi untuk para pemain game online yang tidak memiliki fitur voice chat. Akan tetapi discord tidak hanya diperuntukkan bagi gamers, semua kalangan dapat menggunakannya seperti sebagai sarana belajar, atau media meeting online menggantikan Zoom.

Sehingga dapat dikatakan bahwa Discord bisa dimanfaatkan sebagai forum atau tempat berdiskusi secara online. Nah, jika sobat Shicinfo ingin membuat server sendiri, Anda harus mengetahui cara membuat server discord dari awal. Caranya sangat mudah. Pastikan Anda sudah memiliki akun Discord, lalu ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

Baca Juga : Cara Membuat Apple ID Tanpa Kartu Kredit di PC dan iPhone

1. Cara Membuat Server Discord

Cara Membuat Server Discord

  • Buka aplikasi Discord di desktop, kemudian klik ikon (+) yang berada di bagian samping kiri.
  • Setelah itu akan muncul jendela pop up yang menampilkan beberapa pilihan server, diantaranya Create My Own, dan versi Template yang meliputi Gaming, Study Group, Friends, Artists & Creators, Club dan Local Community. Bagi pemula, akan lebih disarankan untuk memiliki versi Template. Karena versi ini sudah disediakan text channel dan voice channel, sedangkan untuk server Create My Own benar-benar kosong.
  • Kemudian atur server Anda dengan memasukkan foto profil, menambah nama server, serta centang bagian “I’m making this server for a club or community”. Jika sudah, klik Create.
  • Cara membuat server Discord pun berhasil dilakukan. Sebagai pemilik, Anda memiliki wewenang untuk menambah dan/atau menghapus channel maupun kategori, mengatur role, menambahkan bot, dan melakukan pengaturan server lainnya.
Baca Juga : Cara Membuat Gambar Transparan di Corel Draw X7

2. Membuat Role

Membuat Role

  • Untuk membuat dan mengatur role, sobat KIRSALTS klik kanan di ikon server, kik Server Settings, lalu pilih Roles.
  • Buat role dengan klik tanda (+) pada bagian Roles. Tulis role name seperti admin, moderator, anggota dan lain-lain. Atur warna berbeda untuk setiap role. Lalu atur kemampuan untuk setiap role di bagian Role Settings.
  • Pastikan mengatur urutan role dengan tepat. Sebab role paling atas memiliki kewenangan mengatur role di bawahnya. Sedangkan owner atau pemilik server bukan termasuk role karena memiliki full access ke semua sistem server.
Baca Juga : Nama COC Keren Lengkap Beserta Artinya untuk Pemula

3. Membuat Kanal dan Kategori

Membuat Kanal dan Kategori

Setelah berhasil membuat dan mengatur roles, selanjutnya buat kategori dan channel supaya server lebih mudah digunakan anggota. Tambahkan kategori terlebih dahulu, seperti Informasi, kemudian di dalamnya tambahkan Channel seperti text channel yang berisi peraturan dan pengumuman. Anda juga bisa menambahkan voice channel untuk kategori yang diinginkan.

Untuk channel khusus seperti untuk admin dan moderator, sebaiknya dibuat tertutup dengan cara klik kanan pada channel, pilih Edit Channel, lalu Permissions. Pada role yang tidak boleh melihat channel khusus itu, pada bagian Read Messages ubah ke tanda silang (x). Dan klik Save Changes.

Demikian penjelasan mengenai cara membuat server discord dari KIRSALTS untuk pemula. Mengingat Anda adalah pemilik server, Anda tidak hanya berwenang mengatur sistem server melainkan juga menghapus server bila diinginkan. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Transfer Pulsa By U ke Operator Lain untuk Pemula

Cara transfer pulsa By U ke operator lain bisa sobat KIRSALTS lakukan dengan mudah. Anda bisa membagikan pulsa yang dimiliki pada nomor lain, ke sesama nomor By U, ataupun ke nomor operator lain. Anda juga bisa membagikan pulsa By U yang dimiliki seperti pulsa utama, jadi pulsa By U bisa dijual. Anda dapat mengirim pulsa layaknya seorang operator, bisa hanya membagikan, atau untuk keperluan lain misalnya, menjual pada orang lain. Selain mengirim pulsa pada sesam provider By U, Anda juga bisa mengirim pulsa By U ke operator lain, seperti transfer pulsa By U ke indosat, telkomsel, xl, axis, tri, dan juga nomer By U lainnya. Agar dapat mengirim pulsa, Anda hanya membutuhkan saldo pulsa yang cukup atau diatas minimal batas pengiriman. Baca Juga :  Cara Mengubah Penyimpanan Internal ke Kartu SD HP OPPO Cara Transfer Pulsa By U ke Telkomsel Bagi sobat KIRSALTS yang ingin mengirim pulsa dari operator By U ke telkomsel, bisa dengan mengubah metode pembayarannya saja ketika pulsa akan dibeli. B

Aplikasi Pembuat Logo Mobile Legend Terbaik dan Terbaru

Untuk membuat logo squad mobile legend, kamu bisa menggunakan beberapa  aplikasi pembuat logo mobile legend terbaik dan terbaru.  Sebagai salah satu game terpopuler, Mobile Legend memiliki banyak pengguna. Game ini bisa dimainkan oleh berbagai kalangan, mula dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Jika kamu salah satu pemain Mobile Legend dan memiliki squad, disarankan untuk membuat logo. Alasannya karena logo memiliki peran yang sangat penting dalam melakukan branding dan ikut suatu kompetisi. Pembuatan logo bisa dilakukan dengan mudah karena menggunakan aplikasi. Berikut rekomendasi aplikasi pembuat logo Mobile Legend terbaik dan terbaru. Rekomendasi 5 Aplikasi Pembuat Logo Mobile Legend Terbaik dan Terbaru 1. Logo Esport Maker Logo Mobile Legend bisa dibuat dengan menggunakan Android dan menggunakan aplikasi yang bernama Logo Esport Maker. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang paling populer dan banyak digunakan. Aplikasi pembuat logo ML ini memiliki lebih dari 30 tekstur dan lay

KIRSALTS, Website Tekno dan Game Terbaru di Indonesia

Apa itu KIRSALTS? KIRSALTS adalah website tekno yang berisi kumpulan artikel teknologi dan game terbaru. Mulai dari tutorial cara main game online maupun offline, semuanya ada disini. Tips dan trik gadget maupun aplikasi terbaru juga ada di KIRSALTS.COM.