Langsung ke konten utama

Penyebab Laptop Blue Screen dan Cara Mengatasinya di Windows 10

Penyebab Laptop Bluescreen dan Cara Mengatasinya di Windows 10

Halo semuanya! Kembali lagi di KIRSALTS, Kali ini kami akan membahas tentang Penyebab  Laptop blue screen dan cara mengatasinya di windows 10. Apakah kalian pernah mengalami laptop blue screen? Pastinya kalian pernah mengalami masalah satu ini dan mungkin kalian baru mengalaminya sekarang. Blue screen adalah laptop mengalami kesalahan teknis pada sistem yang mengakibatkan crash.

Laptop blue screen di tandai dengan latar berwana biru dengan tulisan berwarna putih dan tanda emoticon sedih. Penyebab laptop mengalami blue screen bermacam – macam. Karena itu kalian harus mengetahui penyebab laptop mengalami blue screen sebelum memperbaikinya.

Baca Juga : Cari Toko Laptop Gaming Terbaik dan Terdekat? Perhatikan 5 Hal Ini!

Penyebab  Laptop Blue Screen dan Cara Mengatasinya Di Windows 10

Penyebab Laptop Blue Screen Di Windows 10

Laptop blue screen biasanya terjadinya kesalahan yang tidak bisa diperbaiki. Laptop mengalami blue screen biasanya terdapat masalah pada hardware atau software nya.

1. Permasalahan Pada Hardware

Permasalahan pada hardware sebagai berikut:

  • Ruang Penyimpanan Kurang.
  • Kabel Longgar.
  • Hardware Gagal.
  • Hardware yang tidak perlu seperti printer, hard drive sekunder, kartu sd, dll.
  • Sirkulasi udara yang buruk menyebabkan suhu laptop naik.

2. Permasalahan Pada Software

Permasalahan pada software sebagai berikut:

  • File sistem mengalami kerusakan.
  • Laptop terkena virus atau malware.
  • Bios sudah terlalu lama.
  • Hapus driver atau program yang baru diinstal.
  • Hapus driver atau program yang lama.

Baca Juga: Cara Mematikan Laptop Acer Terbaru, Cepat dan Mudah

Cara Mengatasi Laptop Blue Screen di Windows 10

1. Merestart Laptop

Merestart Laptop adalah cara yang paling mudah. Biasanya setelah laptop restart, laptop menjadi normal kembali.

2. Safe Mode

Safe mode adalah laptop menyala dengan bantuan driver dan fitur lain nya untuk memperbaiki sistem yang crash. Coba ikuti langkah berikut saat dalam keadaan safe mode :

  • Lakukan troubleshoot untuk memperbaiki sistem dengan otomatis.
  • Cek kode error dengan aplikasi blue screen view.
  • Hapus Aplikasi yang baru saja kalian instal.
  • Update Windows 10.
  • Cek Virus dengan anti virus.
  • Hapus data di recycle bin.
  • Cek suhu laptop.
  • Cek komponen laptop dan cabut perangkat yang tidak diperlukan.

3. System Restore

Cara berikutnya adalah dengan melakukan System Restore. Pada saat kita menghidupkan laptop, tunggu logo windows muncul tekan dan tahan tombol power untuk menghentikan boot. Ulangi langkah tersebut sebanyak 2 kali dan setelah pengulangan ke 3 , kalian akan membuka Advanced Startup. Lalu ikuti langkah berikut:

  • Klik Advanced Startup lalu klik Troubleshoot.
  • Pilih System Restore, pilih akun windows dan isi password kalian.
  • Jika sudah klik Continue dan Next.
  • Pilih Restore terbaru lalu Pilih Scan for Affected Programs untuk memeriksa program yang terdampak.
  • Kalau sudah klik Close -> Next -> Finish.

4. Periksa Hardware

Permasalahan laptop blue screen masih belum teratasi? Coba cek hardware kamu, hardware yang bermasalah bisa menyebabkan blue screen. Hardware yang mengalami kerusakan bisa mengalami BSOD. Jadi lebih baik kalian melakukan perawatan pada laptop secara rutin.

Baca Juga : Cara Memindahkan File Dari Laptop Ke Flash Disk

Itulah panduan penyebab laptop blue screen dan cara mengatasinya di windows 10. Jika kalian mempunyai pertanyaan mengenai penyebab laptop blue screen dan cara mengatasinya di windows 10 Kalian bisa comment di kolom komentar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Transfer Pulsa By U ke Operator Lain untuk Pemula

Cara transfer pulsa By U ke operator lain bisa sobat KIRSALTS lakukan dengan mudah. Anda bisa membagikan pulsa yang dimiliki pada nomor lain, ke sesama nomor By U, ataupun ke nomor operator lain. Anda juga bisa membagikan pulsa By U yang dimiliki seperti pulsa utama, jadi pulsa By U bisa dijual. Anda dapat mengirim pulsa layaknya seorang operator, bisa hanya membagikan, atau untuk keperluan lain misalnya, menjual pada orang lain. Selain mengirim pulsa pada sesam provider By U, Anda juga bisa mengirim pulsa By U ke operator lain, seperti transfer pulsa By U ke indosat, telkomsel, xl, axis, tri, dan juga nomer By U lainnya. Agar dapat mengirim pulsa, Anda hanya membutuhkan saldo pulsa yang cukup atau diatas minimal batas pengiriman. Baca Juga :  Cara Mengubah Penyimpanan Internal ke Kartu SD HP OPPO Cara Transfer Pulsa By U ke Telkomsel Bagi sobat KIRSALTS yang ingin mengirim pulsa dari operator By U ke telkomsel, bisa dengan mengubah metode pembayarannya saja ketika pulsa akan dibeli. B

Aplikasi Pembuat Logo Mobile Legend Terbaik dan Terbaru

Untuk membuat logo squad mobile legend, kamu bisa menggunakan beberapa  aplikasi pembuat logo mobile legend terbaik dan terbaru.  Sebagai salah satu game terpopuler, Mobile Legend memiliki banyak pengguna. Game ini bisa dimainkan oleh berbagai kalangan, mula dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Jika kamu salah satu pemain Mobile Legend dan memiliki squad, disarankan untuk membuat logo. Alasannya karena logo memiliki peran yang sangat penting dalam melakukan branding dan ikut suatu kompetisi. Pembuatan logo bisa dilakukan dengan mudah karena menggunakan aplikasi. Berikut rekomendasi aplikasi pembuat logo Mobile Legend terbaik dan terbaru. Rekomendasi 5 Aplikasi Pembuat Logo Mobile Legend Terbaik dan Terbaru 1. Logo Esport Maker Logo Mobile Legend bisa dibuat dengan menggunakan Android dan menggunakan aplikasi yang bernama Logo Esport Maker. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang paling populer dan banyak digunakan. Aplikasi pembuat logo ML ini memiliki lebih dari 30 tekstur dan lay

KIRSALTS, Website Tekno dan Game Terbaru di Indonesia

Apa itu KIRSALTS? KIRSALTS adalah website tekno yang berisi kumpulan artikel teknologi dan game terbaru. Mulai dari tutorial cara main game online maupun offline, semuanya ada disini. Tips dan trik gadget maupun aplikasi terbaru juga ada di KIRSALTS.COM.